Pages

Cari Blog Ini

Minggu, 08 Januari 2012

MEMAKAI GULA YANG IDEAL

Anda semua mungkin sudah mengerti gula memang baik bagi tubuh kita, tapi gula dapat juga dapat memberikan dampak yang tidak baik tubuh kita. gula dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh kita apabila dikonsumsi secara berlebihan atau tidak terkontrol. Beberapa penyakit yang diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi gula antara lain Kerusakan Otak, Flu Berkepanjangan dan Hiperaktif pada Anak, Karies pada Gigi, Gangguan Pencernaan khususnya Usus, Obesitas.
berikut ini adalah beberapa aturan konsumsi gula yang ideal bagi tubuh anda, yang saya kutip dari metrogaya.com, Jika Anda memiliki aktivitas yang sedang maka konsumsi gula kompleks yang diperbolehkan yakni antara 40% – 50% dari jumlah kebutuhan energi yakni 1.800 Kkal atau sekitar 720 Kkal – 900 Kkal, sedangkan bila Anda memiliki aktivitas yang tidak terlalu berat atau ringan, konsumsi gula kompleks yang diperbolehkan adalah antara 40% – 50% dari jumlah kebutuhan energi 1500 Kkal yakni 600 Kkal – 750 Kkal.
Selain gula kompleks, ada juga yang disebut dengan gula sederhana. Untuk jenis ini, maka penghitungannya pun menjadi berbeda. Jika Anda memiliki aktivitas sedang maka konsumsi gula sederhana yang diperbolehkan antara 10% – 15% dari kebutuhan energi yakni 1.800 Kkal atau sekitar 180 Kkal – 270 Kkal, sedangkan bila Anda memiliki aktivitas ringan maka konsumsi gula sederhana yang diperbolehkan tetap 10% – 15%, tetapi kebutuhan energinya berbeda yaitu sebesar 1500 Kkal atau sama dengan 150 Kkal – 225 Kkal.
atau jika anda bingung dengan takaran di atas, dibawah ini adalah takaran gula ideal bagi tubuh yang saya kutip dari vivanews.com, yaitu konsumsi gula untuk wanita tidak lebih dari 100 kalori per hari atau setara enam sendok teh (25 gram). dan untuk laki laki konsumsi gula tidak lebih dari 150 kalori gula atau setara sembilan sendok teh (37,5 gram).
semoga dengan adanya informasi di atas dapat membantu anda mempermudah menentukan jumlah komsumsi gula yang ideal bagi tubuh anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar