Pages

Cari Blog Ini

Memuat...

Sabtu, 07 Januari 2012

Dasar - dasar komunikasi yang efektif

Bagi kawan - kawan calon Dokter ( Anak FK ) wajib mengetahui pentingnya komunikasi, dan harus mempunyai skill komunikasi yang baik. Karna itu merupakan syarat mutlak untuk menjadi seorang  dokter yang baik dan prefesional. Oleh karena itu simak artikel ini dengan baik yaa... :)

Apa itu Komunikasi?
Sebuah proses penyampaian pikiran atau informasi dari seseorang kepada orang lain melalui suatu cara tertentu sehingga orang lain tersebut mengerti betul apa yang dimaksud oleh penyampai pikiran-pikiran atau informasi”. (Komaruddin, 1994;Schermerhorn, Hunt & Osborn, 1994; Koontz & Weihrich, 1988)

Proses Komunikasi
Komunikasi dapat efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana dimaksud oleh pengirim pesan, pesan ditindaklanjuti dengan sebuah perbuatan oleh penerima pesan dan tidak ada hambatan untuk hal itu (Hardjana, 2003).


Unsur Komunikasi
1.    Sumber/komunikator
2.    Isi pesan
3.    Media/saluran
4.    Penerima/komunikan

Sejalan dengan keterampilan yang termuat dalam empat unsur ditambah umpan balik tersebut, diperlukan kemampuan dalam hal-hal berikut:
1.    Cara berbicara,
2.    Mendengar
3.    Cara mengamati
4.    Menjaga sikap selama berkomunikasi dengan pasien (bahasa tubuh) agar tidak mengganggu komunikasi


Keberhasilan komunikasi antara dokter dan pasien
1.melahirkan kenyamanan dan kepuasan bagi kedua belah pihak
2.menciptakan satu kata tambahan bagi pasien yaitu empati.


MANFAAT
1.  Meningkatkan kepuasan pasien dalam menerima
     pelayanan medis dari dokter atau institusi pelayanan medis.
2.  Meningkatkan kepercayaan pasien kepada dokter yang 
     merupakan dasar hubungan dokter-pasien yang baik.
3.  Meningkatkan keberhasilan diagnosis terapi dan 
     tindakan medis.
4.  Meningkatkan kepercayaan diri dan ketegaran pada pasien fase terminal dalam menghadapi penyakitnya.


Sikap dokter ketika menerima pasien
-  Menyilakan masuk dan mengucapkan salam.
-  Memanggil/menyapa pasien dengan namanya.
-  Menciptakan suasana yang nyaman (isyarat bahwa punya cukup waktu, menganggap penting informasi yang akan diberikan, menghindari
   tampak lelah).



Tampaknya hanya ini yang bisa saya posting kan, semoga bermanfaat bagi kalian yang membaca artikel ini...
sekian..
TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar